Contoh Pemanfaatan Interaksi Non Tetikus | HCI

Touch Screen Non Tetikus

How Touch Screen Work

Interaksi Non Tetikus

Dalam Human Computer Interaction ( HCI ) terdapat beberapa jenis interaksi, Berikut adalah contoh pemanfaatan teknologi interaksi non tetikus (mouse), yang terbagi kedalam 5 bagian. diantaranya :

1. Layar Sentuh dan Multiple Sentuh
Layar sentuh terbagi menjadi 2 kategori yaitu resistive dan capasitive, perbedaan yang mendasar dari kedua jenis ini adalah capasitive memungkinkan untuk mengcapture banyak sentuhan (multiple sentuh), sedangkan resistive hanya dapat mengcapture 1 sentuhan dalam satu waktu.

Contoh pemanfaatan teknologi layar sentuh (resistive) adalah pada Handphone Nokia seri N dan pada PDA. sedangkan untuk pemanfaatan tekhnologi layar sentuh (capasitve) adalah pada Smartphone, tablet dan komputer jinjing.

2. Antarmuka Shared, embodied dan large

  • Emnodied adalah jenis antarmuka yang menjadikan objek (manusia) sebagai bagian dari antar muka itu sendiri, contoh pemanfaatannya adalah pada kinnect yang dikeluarkan oleh microsoft.
  • Large User Interface adalaj jenis antar muka yang diperuntukkan untuk resolusi dengan ukuran yang besar, contoh pemanfaatannya pada TV dan LED promosi. Objek seperti menu, button dan text pada antarmuka large dibuat secara jelas dengan ukuran yang besar.

3. Input modality (as sensor IoT dan geolokasi)

merupakan jenis antarmuka yang didesain dengan inputan data dari suatu mesin atau data eksternal, contoh pemanfaatannya pada fitur Geolocation Google maps, yang fungsinya menampilkan lokasi dimana kita berada saat itu.

4. Speech Recognition dan NLP

merupakan jenis antarmuka dengan inputan berupa suara dan suara tersebut akan diterjemahkan oleh processor untuk menjalan perintah tertentu sesuai dengan algoritma yang telah ditentukan. Contoh pemanfaatannya adalah pada fitur penelusuran dengan suara pada Google Search.

5. Antarmuka Wearable dan Tangible

  • Antarmuka wearable adalah antarmuka yang dapat dipakai atau dipakai sehari-hari oleh pengguna, seperti jam tangan, kalur, gelang, dll. Contoh pemanfaatan antarmuka wearable adalah pada smartwath yang kini sedang tren didunia tekhnologi. Antarmuka lebih sederhana dan user friendly.
  • Antarmuka Tangible adalah antarmuka yang memberikan kesan “nyata” kepada pengguna, contoh pemanfaatannya beberapa aplikasi augment reality.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.